VIVA.co.id

Permainan Mental Mayweather Terbukti Bikin McGregor KO

McGregor mencetak statistik lebih baik ketimbang Pacquiao.
Oleh : Satria Permana || Selasa, 12 September 2017
img-artikel
REUTERS/Joe Camporeale

VIVA.co.id – Sudah dua pekan lebih duel Floyd Mayweather versus Conor McGregor berakhir. Tapi, masih banyak sisi menarik yang patut diulas.

Salah satunya adalah fakta di mana McGregor ternyata melancarkan lebih banyak pukulan dari lawan tangguh Mayweather lainnya. Dari data statistik, ternyata catatan pukulan McGregor ke Mayweather mengungguli Manny Pacquiao, Shane Mosley, dan Miguel Cotto.

Di beberapa ronde awal, McGregor pun menang angka atas Mayweather. Fakta tersebut cukup membuat beberapa tokoh tinju dunia terkejut.

Tapi, Mayweather mengakui sengaja menerima pukulan dari McGregor. Tujuannya adalah untuk membuat kepercayaan diri McGregor naik. Hingga akhirnya, McGregor kelewat percaya diri.

"Saya bukan cuma melakukan pukulan balasan dan bertinju. Alasan mengapa dia lebih banyak melepaskan pukulan adalah saya maju, sedikit gerak, dan hanya berusaha melayangkan serangan sedikit serta membuatnya terjatuh," kata Mayweather dilansir FightHype.

"Itu strateginya, biarkan dia memukul. Saya tahu dia akan memukul dari sudut yang konyol. Tapi, rencananya adalah menerima dan mendapatkan pukulan yang telak, menghantamnya dengan hook kiri, pukulan lurus tangan kanan, dan berjalan melewatinya, lalu berbalik menekannya," lanjut dia.

Apa yang dilakukan Moneyman sangat efektif. McGregor yang tak biasa bertarung dalam waktu lama, mulai kewalahan di ronde-ronde akhir.

Hingga, Mayweather mengunci kemenangan pada ronde 10 atas The Notorious. "Sebenarnya saya bisa saja berdiam di pojok ring, mengendalikannya, melepaskan serangan balik mematikan, dan memukulnya dengan telak hingga terjatuh. Tapi, bukan itu yang saya inginkan. Saya mau menekan dan mendorongnya," jelas Mayweather. (hd)
 

BERITA Terkait
BERITA Lainnya